Bahan alami pembersih pakaian

 

lerak pembersih alami
lerak pembersih alami

 

 

Kita bisa membuat sabun pembersih sendiri dengan larutan sari lerak dari buah lerak. Larutan ini bisa dibuat sendiri dengan cara berikut :

  1. Bahan : 100 gram buah lerak, atau sekitar buah lerak kering (biji lerak bisa dibeli di pasar tradisional)
  2. biji keras di dalamnya dibuang, daging buah lerak disayat sayat. Kemudian dimasak dengan air sebanyak 2 liter hingga mendidih 20 menit (air akan berbusa)
  3. Diamkan hingga dingin dan disaring dengan kain halus, sehingga larutan terlihat jernih kecoklatan. Larutan ini dimasukkan dalam botol atau jerigen yang diberi label tanggal dan keterangan isi, disimpan di tempat yang teduh dan bisa bertahan kurang lebih 7 hari. Agar lebih beraroma segar bisa ditambahkan sari minyak murni lainnya yang disukai.
  4. Larutan ini bisa untuk mencuci pakaian – baik dengan mesin cuci maupun tangan, akan tetapi tidak dianjurkan untuk pakaian berwarna putih. Khusu untuk pakaian berwaarna gelap, latuan inti lerak dicampur dengan air dengan perbandingan 500 cc cairan inti lerak dengan 15 liter air di dalam mesin cuci (perkiraan volume air mesin cuci, saat diputar akan berbusa)
  5. Saat membilas bisa ditambahkan beberapa tetes sari minyak murni jeruk, tea tree, mint, atau nilam agar pakaian menjadi harum,
  6. Untuk menghilangkan bau tak sedap dan melepaskan pakaian isa ditambahkan baking soda sebanyak 50 gram atau cuka masak seperempat gelas (50cc) pada air pembilasan terakhir.
  7. Ampas lerak dari larutan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencuci panci yang berlemak atau dimaukkan dalam komposter dapur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *