Manfaat buah bit untuk kesehatan

Buah bit mengandung banyak manfaat dari sisi kesehatan. Salah satu konsumen sayuran organik kami berlangganan buah bit untuk terapi kesehatan. Konsumen kami tinggal di Jakarta, sedangkan ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit harus menjalani diet ketat untuk kesembuhannya. Konsumen kami ini yang sadar bahwa sayuran organik bisa menjadi makanan/obat herbal memesan langsung ke kami untuk berlangganan sayur organik.

Minimal seminggu sekali memesan tak kurang 10kg sayuran; wortel, bit dan brokoli. Untuk berasnya atas rekomendasi dari kami, konsumen kami dari Jkarta ini memesan beras hitam yang memiliki kandungan antosianin tinggi sesuai hasil uji lab UGM dibandingkan jenis beras yang lain.

Sedangkan untuk buah bit, kami mencoba menelusuri di web site USDA (United State Departement of Agriculture) yang memiliki database komplit berbagai kandungan sayuran. Di bawah kami sajikan tabel kandungan buat bit;

Karbohidrat 9,65g
Gula 6,76g
Serat 2,8g
Lemak 0,17g
Protein 1,61g
Kandungan air 87,58g
Vitamin A equiv. 2 μg (0%)
Beta karotin 20 μg (0%)
Lutein dan Zeaxanthin 0 μg
Thiamin (Vit B1) 0.031 mg (3%)
Riboflavin (Vit B2) 0,040 mg (3%)
Niacin (Vit B3) .334 mg (2%)
Panthothenic Acis (B5) 0.155 mg (3%)
Vitamin B6 0.067 mg (5%)
Folate (Vit B9) 109 μg (27%)
Vitamin C 4.9 mg (6%)
Kalsium 16 mg (2%)
Zat Besi 0.80 mg (6%)
Magnesium 23 mg (6%)
Fosfor 40 mg (6%)
Potasium 325 mg (7%)
Seng 0.35 mg (4%)

Apa manfaatnya bagi kesehatan?

1. Menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan pembuluh darah
Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Telah terbukti secara nyata minum jus dari umbi bit ini menurunkan hipertensi . Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan untuk cara murah ini untuk menurunkan hipertensi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, bahwa minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung. .Dari percobaan menunjukkan tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam setelah minum jus bit. Tiga sampai 4 jam setelah minum jus bit, penurunan tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam. (BBC News, 6 Feb. 2008)
Penulis membuktikan dengan minum jus bit dicampur jeruk lemon dan apel hijau, bisa membantu menurunkan tekanan darah.

2. Selain itu minum jus bit akan meningkatkan stamina
Minum jus bit d bisa membantu orang berolah raga lebih lama 16% disebabkan oleh kandungan nitratnya mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capai yang disebabkan oleh olah raga berkurang (Penelitian di Inggris: Univ. of Exeter; BBC News, 6 Agustus, 2009). Karena itu minum jus yang dicampur bit pada malam hari bisa dipakai sebagai jus tonik asmara, menambah enerji dan melancarkan aliran darah.

3. Bit juga bermanfaat untuk detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembersihan isi perut kita, serta masalah wasir. Bersama ini campuran yang bisa Anda gunakan untuk membuat jus untuk detoks:

  • 1 buah apel, 1 buah pir, ½ buah bit ukuran besar: di masukkan ke alat pembuat jus.
    Lalu aduk 2 sdm pysllium husks (bisa beli di toko makanan sehat dan toko organik)
    Segera diminum. Psyllium husk adalah serat yang apabila dicampur dengan air bisa mengembang seperti agar-agar. Fungsinya membawa ‘sampah’ di usus besar untuk dikeluarkan dengan lebih cepat.
  • ½ bit ukuran sedang dan 1 buah ketimun ukuran kecil di masukkan ke alat
    pembuat jus. Tambahkan 1 ½ cangkir soda water. Lalu beri perasan air jeruk nipis atau lemon.
  • Selain membuat jus dari campuran bit dan buah lainnya, cobalah merebus bit satu buah ukuran sedang yang diiris-iris. Lalu airnya diminum sebelum tidur sebanyak satu gelas. Air rebusan bit ini akan membantu gerakan otot perilstatik, sehingga keesokan harinya buang air besar lancar.

4. Penangkal anemia
Bit yang berwarna kemarahan ini dihubungkan dengan warna darah manusia, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

5. Masalah pencernaan
Bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual dan nyeri, diare, disentri, bisa minum jus bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi masalh ‘sebah’ di perut. Daun bit juga bermanfaat menanggulangi sakit demam kuning dan pencernaan. Cukup sekali sehari.

6. Pembersih alami untuk ginjal dan kandung empedu
Kombinasi jus bit, wortel dan ketimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun di kedua organ penyaring tersebut.

7. Mengatasi masalah ketombe
Untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel, cobalah merebus bit dengan sedikit cuka alami (apple cider vinegar). Lalu dioles-oleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya bilaslah dan keramaslah bersih-bersih.

8. Jus bit kaya sekali akan kandungan oksidan yang dibutuhkan oleh para pasien dengan masalah kanker. Bersama ini ada jus khusus untuk mengatasi pasien kanker:

Jus Super –Antioksidan.
2 wortel ukuran sedang dicincang, ½ bit ukuran sedang dicincang, 2 batang selederi lokal atau 1 batang selederi impor, 30 gram bayam dan 4 batang parsley. Semuanya dijus dan segera diminum.

 

Bagaimana Cara memasak bit?

Cara paling mudah adalah dengan dibuat jus. Tapi jangan sampai kaget jika warnanya merah seperti darah. Rasanya manis segar, bisa juga dengan diberi sedikit madu.

Selamat mencoba.

(diambil dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *