Tepung Garut

tepung garut dan pati garut
tepung garut dan pati garut

Dalam bahasa latin serta bahasa biologisnya dikenal dengan nama spesies Maranta Arundinacea. Umbi garut sendiri memiliki banyak nama tergantung dari daerahnya. Umbi garut sering disebut sebagai sagu belanda, labia walanta, irut, gaerut, angkrik, peda-peda, hula moa, sagu bamban, pantat sagu, dan masih banyak lagi istlah lainnya untuk umbi garut.

Umbi garut sendiri, sebagai salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki banyak sekali kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Apa saja kandungan gizinya? Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi di dalamnya :

  • Air
  • Protein
  • Serat
  • Lemak
  • Pati
  • Abu
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Vitamin B6
  • Tiamina
  • Riboflavin
  • Folat

Meskipun bukan merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang terkenal seperti jenis singkong, kentang dan juga ubi jalar, namun demikian ternyata umbi garut memiliki banyak manfaat untuk manusia. Apa saja manfaat dari umbi garut? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari umbi garut :
Sebagai sumber energi

Umbi garut merupakan salah satu umbi yang memiliki sumber energi tinggi. Dengan kandungan karbohidrat, lemak dan protein, umbi garut dapat membantu anda dalam memenuhi kebutuhan energi anda setiap harinya.

Sebagai cadangan makanan pada masa krisis

Meskipun bukan merupakan salah satu jenis umbi yang dijadikan bahan makanan pokok, namun demikian manfaat umbi garut memiliki kegunaan menjadi cadangan makanan pada saat masa krisis. Biasanya dalam masa krisis sring terjadi gagal panen ataupun harga yang melonjak tinggi, sehingga membuat banyaka makanan pook seperti beras menjadi sulit ditemui. Karena itu, umbi garut merupaan salah satu solusi akan kebutuhan pangan dalam menghadapi krisis.

Dapat diolah menjadi tepung

Manfaat umbi garut lainnya adalah dapat diolah menjadi tepung umbi garut. Tepun gumbi garut dibuat sama seperti cara mebuat tepung pada umumnya. Biasanya tepung umbi garut diolah sebagai bubur, yang diberikan kepada orang yang sedang sakit atau sedang dalam masa penyembuhan. Dimana orang tersebut masih membutuhkan banyak nutrisi, namun tidak dapat menelan makanan dengan baik dan sempurna.

Pati umbi garut sebagai dasar pembuatan bedak

Selain dibuat menjadi tepung, sari pati dari umbi garut sering juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar pada pembuatan bedak. Beberapa pabrik pengolahan dan produsen dari bedak sering memanfaatkan pati dari umbi garut ini untuk keperluan bahan baku mereka.

Ampas sisa pembuatan tepung umbi garut digunakan sebagai pakan ternak

Ternyata manfaat umbi garut sangat berguna loh. Ya, ampas dari umbi garut sering sekali dimanfaatkan menjadi pakan ternak, terutama sapi, kerbau dan juga kambing. Ampas dari umbi garut, meskipun sudaj diolah sedemikian rupa, namun masih memiliki nutrisi tinggi dan juga tentunya dapat menghemat pengeluaran peternak untuk membeli pakan.

Pengenyal dan pengental makanan

Tepung yang dibuat dari umbi garut juga sering dimanfaatkan sebagai pengenyal dan juga pengental dari bahan makanan kita sehari-hari. Hal ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan tepung beras dan juga tepung maizena, dimana jenis tepung tersebut mampu untuk mengentalkan dan juga mengenyalkan makanan atau adonan.

Mengobati masalah perut apabila patinya dicampur dengan air atau susu

Pati dari manfaat umbi garut yang dibuat menjadi bubur dengan menggunakan air atau menggunakan susu. Hal ini dapat membantu mengobati dan mencegah munculnya masalah pada bagian perut, terutama pada peradangan lambung dan juga bagian usus.

Buburnya dimanfaatkan untuk mengobati luka

Selain dapat membantu mengobati masalah perut, campuran dari pati dan juga air dengan umbi garut juga bermanfaat yang baik untuk mengobati luka luar. Campuran air dan juga pati dari umbi garut yang menjadi kental tersebut dapat menjadi salep untuk mengolesi dan membantu menyembuhkan luka luar.

Baik untuk memperlancar peredaran darah

Umbi garut memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi ini sangat baik untuk memperlancar peredaran tubuh, dimana dengan lancarnya peredaran tubuh, maka tubuh anda akan terasa lebih sehat dan bumbi garut, serta dapat mencegah munculnya gejala anemia.

 Membantu menjaga ketahanan tubuh

Umbi garut juga baik untuk menjaga ketahanan dan juga kekuatan tubuh. Dengan kandungan mineralnya yang banyak, umbi garut sangat baik untuk tubuh anda, karena dapat meningkatkan energI, sekaligus stamina serta kekuatan tubuh.

Daun umbi garut digunakan sebagai pembungkus

Tidak hanya umbinya saja, namun juga daun daru umbi garut juga dapat dimanfaatkan. Biasanya daun dari umbi garut ini sering dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan ataupun pembungkus bahan yang biAsa dijual di pasar, seperti pembungkus daging dan bahan lainnya.

Baik untuk kesehatan otak

Manfaat umbi garut memilki kandungan asam folat. Asam folat merupakan salah satu senyawa yang memilki peranan penting dalam mebantu pertumbuhan dan perkembangan otak. Hal ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan seseorang, terutama pada masa-masa pertumbuhan.

Baik untuk menjaga kesehatan pencernaan

Terakhir, umbi garut juga memilki kandungan serat yang tinggi. Serat merupakan salah satu kandungan terpenting yang dapat membantu melancarkan pencernaan anda, sehingga anda dapat terhindar dari gejala-gejala dan juga gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare dan juga wasir.
Jenis umbi garut ini biasanya sering ditanama di dalam pekarangan rumah, dan juga kebun, namun jarang dimanfaatkan sebagai komoditas yang dijual secara umum. Karena popularitasnya masih kalah dengan jenis umbi-umbian yang lain, seperti singkong, ubi dan umbi lainnya yang mudah ditemui di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *